Mengusung tema Broadcast Yourself: GO Viral with Digital, Kembali Hadir tahun ketiga Broadcasting Festival 2016

Ketika dunia mulai pelan tapi pasti ‘shifting’ ke era digital, membuat banyak hal ikut menyesuaikan diri termasuk dunia Broadcasting. Dimana saat ini ‘broadcast’ tidak hanya siaran radio maupun presenting di televisi. Siapa pun saat ini bisa menyiarkan sesuatu melalui social media & portal video, seperti snapchat, insta-stories, path, youtube, dan lain-lain.

Dari sini lalu lahir banyak profesi baru seperti ‘podcaster’, vlogger, hingga youtuber. Bahkan radio announcer pun merasa perlu punya media video untuk menyalurkan passion nya di jalur vlogging atau video dengan membawakan topic atau kisah tertentu dalam video yang akhirnya bisa menjadi salah satu ‘perekat’ penyiar dengan pendengarnya. Dimana selain mengenal suaranya, pendengar dapat menyaksikan penyiar melalui video yang dibuatnya.

Di tahun ketiga ini, Festival Broadcasting 2016 selain menyuguhkan fun talkshow dari praktisi di bidang broadcasting & digital media & lomba siaran, yang menarik adalah Vlogging Competition. Dimana di sini mereka yang passionate di Public Speaking & Broadcasting, bisa ikutan presenting di vlog nya dengan tema ‘Indonesiaku’ dengan 4 kategori yang boleh dipilih: Food, Travel, Hobby, atau Beauty & Fashion.

Rangkaian acara Broadcasting Festival 2016 akan dibuka terlebih dahulu oleh penyisihan lomba siaran dimulai dari tanggal 12 – 31 Oktober 2016 & Vlogging Competition mulai 17 Okt – 17 November 2016. Fun talkshow serta final lomba siaran sendiri akan diselenggarakan saat big event yaitu Sabtu tanggal 12 November 2016 di fX Sudirman lantai 3 Atrium, Jakarta.

Pembicara yang berpartisipasi dalam fun talkshow kali ini yaitu:

Digital Creative Media:

Speaker: Indra Yudhistira (CEO Indonesia Entertainment Produksi, Group of EMTEK, Produce Inhouse TV program for SCTV and Indosiar TV)

Moderator by: Devy Ashari (NET Reporter & NETZ Host & alumni Kelas Penyiar Indonesia batch 5)

Past & Future RADIO:

Speaker: Gita Bebhita (Penyiar TRAX FM), Gofar* (penyiar Hard Rock FM), Raditya Harda (Assist Program Director JAK FM), Ozzy Rifan (Head of Div Entertainment MLIN Yuhu! Radio)

Moderator by: Reza Alqadri (Music Director HITZ FM & mentor Kelas Penyiar Indonesia)

Mengolah topik ‘berat’ jadi obrolan seru di radio:

Speaker: Ronal & Tike (JAK FM)

Moderator: Sahil Mulachela (Penyiar Indika FM & mentor Kelas Penyiar Indonesia)

Broadcast Yourself: Go Viral with Digital

Speaker: Adriano Qalbi (Stand Up Comedian & owner Podcas Awal Minggu), Sacha Stevenson (Youtuber), Sheggario (Vlogger), Cia Wardhana* (Penyiar Trax FM & Vlogger)

Moderator: Daud Tobing (penyiar Indika FM & mentor Kelas Penyiar Indonesia)

Acara ini terbuka untuk umum dimeriahkan juga dengan penampilan dari Mario G Klau & Nina Yunken (The Voice Indonesia) dan Ideaz Band ft  Yana Septilia dengan investasi sebesar Rp 50.000 (disc 10% untuk member Kelas Penyiar Indonesia) dan on the spot Rp 75.000 (mengikuti semua talkshow dari awal hingga akhir & e-certificate)

Mekanisme Perlombaan Siaran (Announcer Hunt)

Lomba siaran dibuka mulai tanggal 12 November dimana peserta diminta untuk:

  1. mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan transfer Rp 75.000 per orang sebagai biaya pendaftaran ke rek BCA 6040903320 a.n Bintang Cahya. Pendaftaran lomba sudah termasuk tiket masuk di acara Broadcasting Festival 2016.
  2. Lalu buat contoh suara yang berisi Opening-Content-Closing dengan durasi maksimal 1 menit dengan format mp3.
  3. Email contoh suara ke broadcastingfest@gmail.com dengan menyertakan nama, alamat, no telepon, pekerjaan, akun twitter, dan bukti pembayaran biaya pendaftaran. Format subject: Nama(spasi)#AnnouncerHUNT(spasi)#BF2016
  4. Syarat mengikuti lomba siaran ini adalah sebelumnya harus sudah follow twitter @kelaspenyiar_ID @broadcastingfes dan like fanpage Kelas Penyiar Indonesia. Materi tidak mengandung SARA, sex, politik, kepentingan kelompok/golongan, kata kasar/bahasa slang & tidak menyinggung pihak-pihak tertentu, belum pernah dilombakan, original, & tidak mengandung brand/produk.
  5. Rebut hadiah:
  • Pemenang terbaik siaran di Mustang FM, Jak FM & Gen FM
  • 3 besar ditraining langsung oleh Gen FM
  • Siaran di 200 kota se-Indonesia bareng YUHU! Radio & studio tour
  • Siaran HITZ ZOMBIE bareng Reza Alqadri di HITZ FM

Periode submission: 12 – 31 Oktober 2016.

Juri yang akan ikut menilai siaran: Daud Tobing (Indika FM), Dixon Saragi (Indika FM), Astry Ovie (Yuhu! Radio), Febicil (Mustang FM), Raditya Harda (Jak FM), & Gen FM.

Saat hari-H event yaitu tanggal 12 November 2016, akan ada 6 finalis yang akan tampil di hadapan para penonton dan juri untuk siaran berdasarkan tema acak yang akan finalis pilih melalui fish bowl.

contoh siaran: bit.ly/BFcontohsiaran

Mekanisme Vlogging Competition:

Menangkan 3 Action Cam untuk 3 pemenang, 10 Voucher Bukalapak untuk 10 pemenang & eksklusif workshop bareng Liputan6.com & workshop di kantor vidio.com untuk 3 besar.

Tema: Indonesiaku

Kategori yang dapat dipilih:

  • Traveling,
  • Food,
  • Hobby, atau
  • Beauty & Fashion.

Syarat & Ketentuan:

  1. Individu, atau tim (maks 4 orang)
  2. Tidak terbatas usia & daerah
  3. Durasi Video: minimal 3 menit
  4. Upload di vidio.com dengan akun sendiri & no HP (aktif) ikut terverifikasi agar dapat dihubungi jika menjadi pemenang.
  5. Peserta dibebaskan upload video sebanyak-banyaknya sesuai Tema (Indonesiaku), boleh dengan kategori berbeda.
  6. Format upload: Nama(spasi)#VlogBF2016(spasi)#VidioIndonesiaku
  7. mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan transfer Rp 75.000 per orang/tim sebagai biaya pendaftaran ke rek BCA 6040903320 a.n Bintang Cahya. Pendaftaran lomba sudah termasuk 1 (satu) tiket masuk di acara Broadcasting Festival 2016
  8. Kriteria penilaian: originalitas, kreatifitas, kualitas video, effort, konten & cara penyampaian (intonasi, artikulasi, persuasi, ekspresi).
  9. Keputusan vidio.com & Kelas Penyiar Indonesia tidak dapat ganggu gugat
  10. Selamat berkreasi & vidiokan postinganmu

Periode submission: 12 Oktober – 17 November 2016.

Pendaftaran Announcer Hunt & Vlogging Competition:

Via GOTIX

Via chat LINE @kelaspenyiar_id

Rima (0812 5619 6183) / Jeje (0856 9597 0193)

Materi tidak mengandung SARA, sex, politik, kepentingan kelompok/golongan, kata kasar/bahasa slang & tidak menyinggung pihak-pihak tertentu, belum pernah dilombakan, original, & tidak mengandung brand/produk.

cek video tutorial lomba di: bit.ly/BFvlogtutor

Tentang Kelas Penyiar Indonesia

Kelas Penyiar Indonesia adalah sebuah komunitas yang mengedukasi dan memfasilitasi anak muda di luar sana yang memiliki passion Public Speaking & Broadcasting melalui kelas yang atraktif dan menyenangkan serta didampingi oleh para mentor profesional.

Sejak didirikan 12 Desember 2012, Kelas Penyiar Indonesia konsisten memberikan program #FreeBroadcastingClass dengan konsep “Free Class but FUN” dan program intensif #BroadcastingAdvanceClass. Tercatat sampai sekarang sudah lebih dari 5000 anak muda potensial yang telah bergabung dalam sesi pengajaran yang fokus pada Public Speaking dan Broadcasting (TV dan Radio). Saat ini sudah lebih dari 50 alumni yang sukses mengejar mimpinya untuk bekerja dalam dunia Broadcasting (TV dan Radio) serta memberikan speech atau presentasi di depan khalayak umum.

Silakan follow account Twitter @kelaspenyiar_ID @broadcastingfes, like fanpage kelaspenyiarindonesia dan official LINE @kelaspenyiar_id untuk terus mendapatkan informasi ter-update mengenai Kelas Penyiar Indonesia.

 

Contact Person Announcer HUNT, Vlogging Competition & Event Broadcasting Festival 2016:

Via GOTIX, chat LINE @kelaspenyiar_id, Rima (0812 5619 6183) / Jeje (0856 9597 0193)